Beranda » Uncategorized » Sejarah Pulau Kelor Onrust Cipir

Halo travelers Jakarta dan sekitarnya! Bingung mau ke mana weekend ini? Sudah tahu belum kalau di LautanWisata ada segudang pilihan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat akhir pekan. Tentu saja, semuanya menyenangkan, membantumu lepas sejenak dari kepenatan rutinitas. Nah, ada satu liburan singkat yang asyik untuk kamu yang tinggal di Jabodetabek nih. Pokoknya, selain menyenangkan dan seru, liburan kali ini bisa memperkaya pengetahuan dan membawamu “time traveling” ke masa lampau. Penasaran? Apa lagi kalo bukan bertualang menjelajah tiga pulau sekaligus di Kepulauan Seribu.


Lho, memang bisa sehari dapat tiga pulau? Bisa dong! Ketiganya, selain tidak jauh dari teluk Jakarta, juga saling berdekatan. Tiga pulau tersebut adalah Pulau Kelor, Cipir dan Onrust di Kepulauan Seribu. Ketiganya memiliki keunikan tersendiri lho.
Pulau Onrust adalah salah satu pulau yang menyimpan sejarah masa kolonial Belanda. Reruntuhan sisa bangunan bersejarah berupa benteng, meriam, hingga ribuan artefaknya menjadi saksi sejarah yang hidup dan dapat kamu lihat hingga saat ini. Hanya melihatnya saja bisa membuatmu merinding; terbayang bagaimana semua peninggalan tersebut saat masih aktif digunakan di masa perang. Di Onrust ada kuburan Belanda dan reruntuhan rumah sakit penyakit menular. Hanya berupa sisa-sisa tembok, nyaris tak berbentuk.
Pulau Onrust yang pernah dijadikan karantina haji ini dulunya merupakan salah satu markas VOC. Pulau ini berkali-kali digempur tentara Inggris, dan fasilitasnya banyak yang rusak. Berbagai kisah menggantung di pulau dan pantai-pantainya yang sepi, mulai dari legenda terowongan dan harta karun emas hingga kisah hantu wanita Belanda, Maria Van De Velde, yang kerap terlihat membawa lentera di pantai, menunggu kekasihnya tiba dengan kapal. Makam Maria bisa kamu temukan di Onrust.


Pulau Kelor juga punya sejarah yang masih berkaitan. Nama Pulau Kelor atau Kherkof berarti halaman gereja atau kuburan. Daya tarik utama pulau yang memiliki luas sekitar 1,5 hektar ini adalah sebuah sisa reruntuhan benteng yang dibangun VOC pada abad ke-17. Benteng ini terbuat dari batu bata merah berbentuk lingkaran dimaksudkan supaya senjata bisa bermanuver 360 derajat. Pada masa kejayaan Belanda, benteng ini didirikan sebagai pertahanan terdepan untuk menahan musuh yang ingin menyerang Batavia.
Lain lagi dengan Pulau Cipir atau dikenal juga sebagai Pulau Khayangan. Seperti halnya Pulau Onrust, Pulau Cipir masih memiliki sejarah terkait jemaah haji pada zaman Belanda. Di pulau ini kamu bisa menemukan sisa reruntuhan rumah sakit dan rumah karantina bagi para jemaah haji yang hendak berangkat dan baru pulang dari Mekah.
Bagaimana, travelers, seru kan berbagai kisah yang melatar-belakangi Pulau Cipir, Kelor dan Onrust? Lebih baik kamu datang sendiri kesana deh, dan melihat bagaimana kisah-kisah tersebut memiliki wujud nyata. Apalagi, sekarang ada paket murah dari www.gogonesia.com buat kamu yang ingin berwisata ke tiga pulau tersebut. Dengan hanya 75.000 rupiah per orang, kamu sudah bisa berkeliling 3 pulau dengan perahu, termasuk tiket dan pemandunya lho. Bagusnya lagi, karena ini open trip, jadi kamu bisa langsung pergi tanpa harus mengumpulkan orang dalam jumlah banyak. Seru kan?
Lalu bagaimana cara membeli paket open trip tiga pulau di Kepulauan Seribu? Mudah saja, tinggal kunjungi situs http://www.lautanwisata.com/ atau cek aja IG kita yang selalu update di IG @lautanwisatatravel

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Hubungi Kami